5 Makanan Pereda Sariawan



5 Makanan Pereda Sariawan [ www.BlogApaAja.com ]

Sariawan kerap dialami oleh siapa saja.Apalagi jika orang tersebut tak pandai memilih makanan. Selain kekuranganvitamin, sariawan juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti rokok,minuman alkohol, makan atau minum yang panas dan hidangan pedas.

Saat sariawan melanda, otomatis nafsu makanpun akan menurun. Apa saja yang masuk ke dalam mulut terasa sakit dan hambar.Untuk mencegah dan mengobatinya, Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis makananberikut ini:

Vitamin B

Kekurangan vitamin B tak hanya menyebabkanmulut bermasalah, tetapi juga memicu anemia dan depresi. Untuk memperolehnyavitamin B, Anda dapat konsumsi tiram, telur ikan, susu kedelai, dan susu berassecara rutin.

Zat besi

Zat besi tidak hanya menyembuhkan sariwan,tetapi juga memperkuat tulang dan otot. Untuk tetap fit dan sehat, sebaiknyaAnda rutin mengkonsumsi bayam, daging sapi, hati ayam, wijen dan sereal.

Asam folat

Untuk menghindari sariawan atau luka mulutyang berulang, Anda harus membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung asamfolat. Asam folat banyak terdapa pada sayuran hijau gelap, seperti bayam,asparagus, kacang polong, lobak dan kacang-kacangan.

Air kelapa

Meski bukan salah satu jenis makanan, airkelapa adalah obat ampuh yang dapat menyembuhkan luka pada mulut. Banyak minumair kelapa juga dapat meredakan peradangan dan mencegah sariawan.

Buah-buahan

Jeruk, pisang dan nanas merupakan makanansehat yang dapat menyembuhkan sariawan di mulut. Buah-buahan ini dapat membantukarena dapat meningkatkan metabolisme, anti-inflamasi dan kaya vitamin C. JikaAnda memiliki masalah serius dengan sariawan, konsumsilah buah-buahan ini.


Follow On Twitter